Tips & Trick

A journey is like marriage. The certain way to be wrong is to think you control it."
- John Steinbeck -

Tips dan Trik mencari tempat Liburan Bersama keluarga

by admin in Tips & Trick - 2014-05-05 13:42:19
Tips Wisata Keluarga : Tips Dan Trik Mencari Tempat Liburan Bersama Keluarga

Sering kali kita merasa bosan akan suatu rutinitas yang monoton lalu berencana mengambil cuti untuk sebuah perjalanan liburan atau pergi ke Tempat Wisata dan Objek Wisata, tetapi karena kurang persiapan maka perjalanan tersebut bukan membawa suasana baru tetapi bisa saja menambah pusing, mungkin saja karena budget yang diperkirakan membengkak atau ternyata tempat yang dituju tidak sesuai dengan yang diperkirakan. Lalu Bagaimana Perjalanan itu benar-benar bisa menyenangkan bagi kita sekeluarga

Yang pertama yang harus direncanakan adalah menentukan dengan siapa kita melakukan perjalanan.

Suatu perjalanan ke Tempat Wisata dan Objek Wisata dapat saja dilakukan bersama suatu rombongan (Group) ataupun hanya sendirian (Solo Trip). Mungkin beberapa orang lebih senang berpergian dengan beberapa orang tetapi ada juga orang yang lebih senang bepergian sendiri. Mungkin karena tidak ingin diganggu privacynya ataupun karena lebih ingin melanglangbuana sendiri dengan tujuan sesuai hati dan tidak ingin diganggu dengan rombongan. Karena dengan pergi sendiri lebih ngerasa sebagai wanderer. Tetapi banyak orang juga lebih senang dengan pergi berkelompok, karena lebih ramai, lebih bisa membagi keceriaan dan juga bisa membuat trip menjadi lebih murah karena biaya dapat dibagi2 ke masing2 peserta, misalnya biaya penginapan jika sendirian kita membayar semua full sendiri tetapi dengan bepergian kelompok biaya tersebut kita share kemasing2 peserta yang ikut.

Yang kedua adalah Mencari Informasi & Menetapkan Tempat tujuanIni juga hal yang sangat penting.

Kita harus mencari tahu tempat yang akan kita kunjungi secara detail, bahkan harus kita pelajari dengan seksama apalagi jika tempat tersebut baru pertama kali kita kunjungi. Caranya bisa dengan cara membaca referensi tempat tersebut dengan browsing2 di internet atau dengan panduan buku tertentu. Dengan membaca referensi kita dapat mengumpulkan data kelebihan dan kekurangan Tempat Pariwisata yang kita kunjungi dan fasilitas apa saja yang ada di tempat tersebut (misalnya fasilitas ATM jika kita kehabisan uang tunai). Kita juga perlu mengetahui area tempat sekitarnya dengan melihat peta perjalanan, mungkin di dekat daerah situ ada juga tempat liburan yang bisa kita kunjungi ( Objek Wisata Alam).

Yang Ketiga adalah memilih Transportasi menuju tempat lokasi

Kita harus menentukan transportasi apa yang akan kita gunakan untuk menuju lokasi tersebut? Mungkin jalur udara, darat atau laut? Selain itu mungkin dengan mempelajari nomer dua, dari referensi2 yang ada kita mendapat informasi tentang biaya2 transportasi menuju lokasi Objek Pariwisata.

Yang keempat adalah menentukan perlengkapan atau barang2 yang akan kita bawa.

Sebelum hari H kita sudah harus sudah menentukan perlengkapan dan barang2 yang akan kita bawa dalam bepergian apalagi ke Tempat Wisata Alam, jangan sampai sudah ditempat tujuan lalu kita lupa membawa sesuatu yang bersifat penting, misalnya kita ingin menjelajah Goa (cave), tetapi kita lupa membawa senter atau alat penerangan. Jika mempunyai camera untuk mengabadikan sebuah perjalanan jangan sampai ketinggalan karena anda bisa membuat album2 perjalanan anda dan suatu saat kita rindu akan suatu perjalanan dan kita tidak mempunyai waktu, mungkin bisa membuka album2 perjalan anda tersebut dan sedikit terobati. Sebisa mungkin juga selalu membawa obat yang biasa kita konsumsi, ataupun balsem (untuk memijat kaki/betis) jika perjalanan banyak tracking ( Tempat Wisata Bogor).

Yang kelima adalah Buat Itinerary (Schedule) perjalanan kita

Ini harus kita buat agar rencana semula tidak melenceng dari apa yang telah direncanakan, selain itu dengan itinerary membantu kita untuk disiplin waktu dan membuat perjalanan lebih efektif dan efisien agar perjalan menjadi lebih baik.

Yang keenam membuat anggaran perjalanan

Dengan langkah pertama sampai dengan kelima maka kita dapat membuat anggaran perjalanan. Hal ini sangat perlu jangan sampai tujuan kita refeshing tapi karena anggaran membengkak saat perjalanan ( Wisata Alam Bogor) membuat kita tidak menikmati perjalanan, atau dapat saja bahkan membuat susah perjalanan, misalnya kita kehabisan uang tunai ditengah perjalanan dan di tempat lokasi tidak ada fasilitas ATM sedangkan kita masih harus mengeluarkan uang.

You may also like...